Sabtu, 23 April 2016

FAST CHARGING ANDROID

Teknologi mengisi baterai dengan cepat sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi pemilik ponsel yang aktif, atau kerap berada di jalan, jauh dari sumber pengisian daya. Beruntungnya, teknologi ini sudah semakin luas diperkenalkan lewat banyak ponsel anyar.

Apa itu Fast Charging?

Fast Charging berarti proses pengisian ulang daya pada baterai dengan cepat, atau relatif lebih cepat dari cara pengisian biasa. Hal ini dapat bekerja dengan sejumlah teknologi pada Chipset (SoC) yang dibawa, ditemani dengan adaptor khusus, atau bahkan sebuah teknologi dalam satu ekosistem tertentu.

Qualcomm, seperti yang kita ketahui sudah mulai memperkenalkan fitur Quick Charge di beberapa produknya. Dengan kata lain, setiap ponsel yang menggunakan SoC besutan mereka, maka kita bisa mengharapkan kinerja charging baterai yang lebih baik dan masuk dalam kategori fast charging. Tapi fitur dalam chipset biasanya akan membutuhkan sebuah adapter daya yang sesuai. Minimal memiliki voltase output di atas 5 V dengan arus 2 A.

Beberapa produk seperti Huawei Mate S, dilaporkan membawa fitur Fast Charging , namun sayang tidak membawa adapter untuk keperluan sama. Ketika dilakukan charging daya menggunakan adapter fast charging, maka kemampuan mengisi dayanya meningkat jauh dari sekedar menggunakan adapter bawaan.

Lain lagi dengan OPPO. Disamping memanfaatkan teknologi fast charging yang dibawa oleh chipset, perusahaan ini membuat teknologi khusus dengan menempatkan beberapa chipset yang didedikasikan pada beberapa titik, guna menghindari over heat dan arus pendek yang mungkin terjadi dalam masa pengisian cepat.

Teknologi VOOC yang dipatenkan oleh OPPO ini memang berbeda dengan sekedar memanfaatkan teknologi Quick Charge pada chipset. VOOC melibatkan proses open loop, multi step dan constant cahrging yang memungkinkan daya baterai dapat terisi ulang dengan cepat tanpa memporsir kinerja baterai dan adapte.

Baca juga

CARA CEK TAGIHAN LISTRIK PLN VIA ANDROID

Semoga bermanfaat

Sumber: Tabloid Pulsa

0 komentar:

Posting Komentar